Resiko Melakukan Pergantian Domain Blogspot ke TLD Atau Sebaliknya

FAUZIL BLOG 001 - Kita sebagai blogger yang baru belajar ataupun sudah masta tentu ingin membangun blog secara gratis bahkan untuk domain pun kita sering mencari yang gratis, ketika kita membuat blog dan ingin mengajukan permohonan ke adsense biasanya kita memerlukan sebuah domain, yang katanya peluang untuk di trima adsense lebih besar, akan tetapi karena kita belum mendapatkan penghasilan dan tidak ingin mengeluarkan modal tentu kita tergiur yang namanya domain gratis, biasanya domain gratisan di berikan secara cuma-cuma oleh penjual domain dan itupun hanya domain tertentu saja dan hanya di berikan gratis selama 1 tahun saja, selanjutnya anda ttap harus membayar jika masih ingin menyandang domain tersebut.

Gambar salah satu penyedia domai gratis

Akan tetapi karena kita hanya menginginkan gratisan nya saja tentu kita akan berhenti ber langganan dan mencabut domain dari blog anda.

Perlu kita ketahui bahwa ada dampak buruk ketika kita melakukan pergantian domain, entah dari domain gratisan ke domain asli yang di berikan blog taupun sebaliknya dari domain blogspot ke domain berbayar atau gratisan, pada intinya kita telah melakukan pergantian domain, bahkan dampak buruk ini juga berlaku ketika kita mengganti nama url sebuah blog.

Mari kita simak dampak buruk apa saja ketika kita melakukan hal di atas. Namun sebelum kita bahas tentang akibat blogspot ganti domain menjadi TLD atau sebaliknya, aku akan ulas sedikit tentang apakah itu custom domain? bisa jadi sedikit dari anda ada yang kebetulan baru mengenal serta mendengar istilah custom domain tersebut.

Custom domain ialah: perubahan domain dari awalnya cuma domain gratisan layaknya domain blogspotcom. diganti menjadi Top tahap Domain (TLD) atau menjadi domain dengan nama domain pribadi, contohnya dari (strukturkodeblogspotcom, menjadi strukturkodeid. ). Custom domain kebiasaannya berakhiran (com, org, net, co.id) dengan tidak embel-embel blogspot.com, tergantung keinginan.

Untuk blog yang masih terbilang baru custom domain tak akan membagikan efek yang terlampau berarti, namun buat blog yang telah mempunyai trafik tinggi, custom domain akan membagikan risiko negatif, terutama yang berhubungan dengan trafik di awal sehabis sistem custom domain blog akan kehilangan trafik buat sementara namun akhirnya trafik akan kembali lagi seiring dengan waktu.

Untuk para publisher google adsense, direkomendasikan buat mempertimbangkan risiko custom domain pada iklan google adsense, pasal blog dengan custom domain tak akan dapat menampilkan iklan google adsense, apabila akun google adsense yang anda miliki kebetulan masih versi hosted, namun bila akun google adsense yang anda miliki ialah akun google adsense non-hosted, tentunya perpindahan dari domain blogspot ke domain pribadi bukan suatu masalah, pasalnya iklan google AdSense akan tetap bekerja dengan baik Khusus buat publisher google adsense yang masih mempunyai akun google adsense hosted, ketika anda bikin keputusan buat melaksanakan custom domain, tersebutkan akun google adsense anda juga terpaksa sesegera mungkin ikut diupgrade menjadi akun google adsense non-hosted, tujuannya ialah supaya iklan dapat bekerja dengan baik di blog custom domain pribadi anda.

Resiko melaksanakan Custom domain dari blogspot.com ke domain TLD.

Selain mempunyai sebagian kelebihan, costum domain juga nyatanya mempunyai kerugian atau resiko, namun sifatnya cuma sementara saja, risiko tersebut dapat berlangsung serta berasa dampaknya terutama buat blog yang telah berumur, terkenal serta telah mempunyai trafik yang cukup tinggi, sementara buat blog yang masih berumur kurang dari 3 bulan dampaknya tak akan terlampau berasa berhubung blog masih amat baru Perlu diingat ketika anda melaksanakan custom domain tersebutkan itu maknanya setara saja dengan anda bikin blog baru, perbedannya dengan blog baru adalah, bila blog baru benar-benar sesegera mungkin dimulai dari nol, sementara blog baru result custom domain tak sesegera mungkin dimulai dari nol, pasal blog tersebut telah mempunyai makalah serta juga trafik dari blog lama, sehingga blog result custom domain berpotensi akan laju menemukan trafik biasa saja layaknya terhadap saat blog tersebut belum diubah domain.

Berikut sebagian risiko perubahan domain (blogspot.com) menjadi TLD.

1. Kehilangan trafik sementara.
Salah satu risiko yang sesegera mungkin anda tanggung ketika melaksanakan custom domain dari blog gratisan ber-flatform blogspot ialah anda akan kehilangan banyak trafik namun sifatnya cuma sementara Trafik blog yang kebiasaannya bersumber dari mesin pencari Google, akan di- redirect 301 (permanet redirect) oleh blogspot ke domain baru. Ini membutuhkan level serta masa pasal url yang lama akan dihapus serta diubah dengan url yang mengarah ke custom domain yang sudah diajukan. waktu transisi ini akan mengakibatkan pengunjung blog kita menurun buat sedangkan waktu trafik seiring masa akan laju pulih pasal jelas jelas blog result custom domain lebih awal telah mempunyai trafik, sehingga buat kembali menemukan trafik tak akan terlampau lama.

2. Alexa peringkat membengkak.
Yang kedua pengaruh dari custom domain ialah alexa peringkat blog anda akan membengkak, itu maknanya nilai alexa peringkat makin buruk atau kembali ke awal, anda jangan terkejut pasal domain baru anda akan setara layaknya blog yang baru dibuat pasal jelas jelas blog result custom domain akan dinggap sebagai blog baru, namun pasal blog custom domain berpotensi pulih layaknya sebelumnya, tersebutkan nilai alexarank akan laju membaik seiring waktu.

3. kelajuan index google akan menurun.
Resiko berikutnya sehabis melaksanakan perubahan domain dari blogspot menjadi top tahap domain, kelajuan index google akan makin menurun, itu maknanya tiap makalah baru yang anda terbitkan akan memakan masa yang cukup lama buat diindex serta dikenali mesin pencari, terhadap lazimnya index dapat memakan masa kurang dari 24 jam, namun sehabis custom domain index google dapat memakan masa 1 sampai 3 hari Kondisi ini biasa saja serta sifatnya sementara, ini dampak google bot butuh masa buat menangani index seluruh makalah yang tedapat di domain baru anda, seiring masa serta makin anda kerap mempublish makalah kelajuan index akan kembali normal Baca juga: 8 metode memercepat index google buat blog baru.

4. Kehilangan langganan setia Pembaca Feed.
Feed biasa dipakai sebagai media buat konten marketing, salah satu metodenya yaitu dengan menyediakan kotak subcriber dari feed burner di halaman blog, sehingga tiap pengunjung blog anda dapat berlangganan makalah blog anda dengan memasukan email mereka terhadap kotak subcriber yang sudah disediakan, dengan berlangganan makalah tersebutkan tiap adanya makalah baru yang diterbitkan terhadap blog tersebut, secara otomatis akan diinformasikan kepada subcriber setia blog melewati email yang dikelola oleh layanan feed burner yang anda gunakan. Sayangnya bila anda melaksanakan custom domain, url subcriber feed burner akan dikata baru efeknya subcriber atau langganan pembaca blog anda melewati feed akan lenyap serta kembali menjadi nol, bila mereka masih menyukai blog anda tersebutkan mau tak mau mereka sesegera mungkin melaksanakan resubmit ulang terhadap feedburner blog baru anda

5. membutuhkan Biaya sewa domain.
Ketika anda bikin keputusan buat melakuka custom domain mau tak mau anda sesegera mungkin menyisihkan uang tahunan buat membayar sewa domain blog anda, biaya custom domain blogspot jelas jelas cukup murah lain hal dengan custom domain wordpress self hosting, dengan blogspot anda cuma cukup membeli nama domain saja dengan tidak sesegera mungkin membeli layanan hosting pasal hostingnya masih di google Setelah anda melaksanakan custom domain mau tak mau anda sesegera mungkin mengeluarkan uang tiap tahun buat membayar sewa domain blog anda ke penyedia layanan domain yang anda sewa.

6. Pagerank kembali nol.
Pagerank yang telah anda miliki lebih awal akan kembali ke awal serta tak akan bertambah, berhubung pagerank sampai saat ini tak pernah di update lagi oleh google. bila anda salah satu yang masih mempercayai pengaruh positif dari pagerank yang dimiliki blog, tersebutkan anda sesegera mungkin berani menanggung risikonya pasal nya sehabis custom domain pagerank blog anda akan kembali ke awal, setara halnya layaknya pagerank yang dimiliki oleh blog baru.

Lakukan ini sebelum serta sesuah melaksanakan custom domain.

Setelah anda mengenali akibat sehabis melaksanakan custom domain, aku akan membagikan tips buat anda yang kebetulan bikin keputusan buat melaksanakan custom domain, supaya blog custom domain anda laju pulih serta menemukan trafik secara normal.

1. Siapakan makalah buat Diterbitkan sepanjang 3 bulan.
Yang pertama yang sesegera mungkin anda persiapkan sebelum melaksanakan custom domain adalah, anda sesegera mungkin mempersiapkan artikel, tujuannya ialah supaya diawal custom domai anda dapat mempublish makalah tiap hari sepanjang rentang masa 3 bulan, sehingga akan mempercepat index google pada blog baru anda Custom domain akan berdampak terhadap visitor blog yang akan turun sementara, laju tidaknya visitor kembali biasa saja bergantung kelajuan index mesin pencari google pada blog anda, supaya tiap makalah blog yang terkandung terhadap custom domain baru lebih mudah buat diindex tersebutkan kita sesegera mungkin memastikan jikalau google bot senantiasa melaksanakan crawl pada domain blog baru, salah satu metodenya ialah dengan kerap secara kontinue mempublish artikel, makin kerap anda mempublish makalah tersebutkan google index akan makin laju serta bila domain blog baru anda berhasil diindex oleh mesin pencari pengunjung blog akan kembali biasa saja bahkan dapat melampaui hitungan pengunjung sebelumnya.

2. Daftarkan kembali domain blog baru anda di google search console atau google webmaster tool.
Dengan mendaftarkan blog ke google webmaster tool akan berikan sinyal kepada google bot atau robot mesin pencari jikalau adanya blog baru yang siap buat dicrawl, jangan lupa submit ulang sitemap domain blog baru anda, sitemap akan menolong robot mesin pencari menjelajahi serta mencari blog baru anda secara lebih gampang buat diindex.

3. Daftarkan juga blog baru anda di google analitic.
Google analitic akan menolong blog anda lebih gampang buat terindex, silahkan anda dengan cepat laksanakan registrasi ulang di google analitic sehabis anda berhasil melaksanakan custom domain.

4. Upgrade Akun google adsense Hosted Anda. 
Khusus buat anda publisher google AdSense, bila akun google adsense yang anda miliki kebetulan ialah akun google adsense hosted serta anda bikin keputusan utuk beralih ke custom domain, tersebutkan anda sesegera mungkin mengupgrade akun google adsense anda menjadi akun google adsense non-hosted, sehingga iklan dapat bekerja serta tampil di blog top tahap domain anda.

Itulah dampak buruk ketika kita melakukan pergantian domain atau mungkin mengganti nama url blog kita, lbih baik berfikir dulu sebelum melaksanakan nya, semoga ulasan di atas dapat meng inspirasi sahabat blogger.

6 Responses to "Resiko Melakukan Pergantian Domain Blogspot ke TLD Atau Sebaliknya "

  1. Trma kasi atas artikel. Kalu blogspot uda keterima google ads untk muat iklan, trus kita ganti domain ke .com. apakah kta hrus daftar ulang lg ke google ads pake dmain yg bru???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak. Adsense sekarang berbeda dengan jaman dulu. Sekarang meskipun kita sudah memiliki iklan adsense, situs kita tetap akan di review oleh Google saat menambahkan situs baru. Jadi tidak bisa langsung di monetisasi. Kurang lebihnya seperti itu kak. Mohon maaf jika informasinya kurang akurat.

      Delete
  2. Iyaa gan. Bener ini..ane tekena imbas transisi dari blogspt ke TLD.. udh 1 bulan berat bgt submit artikel baru ga ke index..kena berapa lama yaa gan. Mana web buat usaha lagi.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel