Cara Membaca Kode MIUI Untuk Mengetahui Rom Global Atau Abal-abal Di Hp Xiaomi

Hp xiaomi, memang akhir-akhir ini hp xiaomi sedang merajai pasar ponsel di Indonesia dan negara-negara besar lain. Tidak di ragukan lagi kemampuan xiaomi dalam mendesain produknya mampu membius penggunanya sehingga produknya laris di pasaran.

Karena xiaomi melejit cepat dalam merajai dunia ponsel, tidak sedikit orang ingin memanfaatkan ketenaran xiaomi ini. Kita sering melihat banyak hp xiaomi yang beredar di Indonesia namun bukan atas kehendak pihak xiaomi. Saya contohkan satu hp xiaomi yang bertipe xiaomi redmi 6a. Hp ini jelas belum di edarkan di Indonesia oleh pihak xiaomi, namun saya bisa mendapatkan nya dengan mudah di Indonesia dengan garansi distributor (saya tidak bisa sebutan distributor nya) yang pasti bukan dari distributor "TAM".

Nah karena banyak nya distributor di Indonesia tentu saja redmi 6a bisa mudah saya dapatkan. Lantas apakah barang dari distributor ini ilegal?

Saya rasa semua distributor di Indonesia sudah mendapatkan ijin dari kementrian, cuma ada distributor yang ingin bersaing di pasar ponsel dengan cara kurang baik. Mengapa saya bilang kurang baik? Tentu saja kalau saya bilang jelek tentunya sangat tidak tepat karena mereka sudah mendapatkan ijin edar. Jadi ya saya katakan kurang baik saja.

Saya contohkan distributor "TAM" distributor ini bisa di bilang distributor bagus karena yang di edarkan adalah barang yang layak untuk di gunakan di Indonesia. Tidak hanya distributor "TAM" saja masih ada lagi distributor yang sama bagusnya dengan "TAM".

Tetapi ada beberapa distributor yang saya bilang kurang baik tadi, itu karena barang yang di edarkan bukan barang yang layak untuk di edarkan di Indonesia. Jadi mereka itu mengedarkan hp yang seharusnya hanya di gunakan di "China Tiongkok". Dan barang tersebut di desain ulang agar bisa memiliki bahasa Indonesia sehingga seperti layak di edarkan di Indonesia. Mungkin sahabat sudah pernah dengar tentang "rom xiaomi abal-abal", ya itu hp yang hanya rilis di Tiongkok namun di edarkan di Indonesia dengan memberi rom abal-abal sehingga memiliki bahasa Indonesia.

Nah sekarang yang ngefans banget sama hp xiaomi, harus super hati-hati dalam membeli hp xiaomi, kalau mesin sih memang original xiaomi, hanya saja software nya yang abal-abal. Untuk jaminan rom Global bukan abal-abal sih saya menyarankan distributor "TAM".

Lantas bagaimana nih cara membedakan rom global dan rom abal-abal? Karena ini cukup merugikan pengguna hp xiaomi. Mengapa merugikan? Jelas saja karena rom abal-abal tidak akan pernah mendapatkan update dari xiaomi. Jika memang ada, pasti gagal dalam pelaksanaan update system.

Berbeda dengan rom Global, meskipun bukan dari distributor "TAM" Tetapi rom global tetap akan mendapatkan update dari xiaomi jika memang terdapat update terbaru.

Wah jadi masalahnya bukan pada distributor nya dong gan, tetapi dari rom Global atau abal-abal yang kita dapat.

Meskipun begitu distributor juga menjadi peran utama dalam hal ini. Makanya pilih distributor yang benar-benar dapat di percaya seperti distributor "TAM" yang hanya mengedarkan barang resmi (resmi disini maksudnya resmi barang Global jadi memang di peruntukkan untuk Indonesia dari pihak xiaomi).

Lantas bagaimana cara membedakan rom Global dan abal-abal?.

Berikut adalah cara membedakan rom Global dan abal-abal dengan membedakan kode MIUI nya.

Untuk membedakan rom global dan abal-abal kita harus bisa membaca kode versi MIUI yang terdapat pada menu pengaturan.
Pengaturan =>> tentang telepon. Disini kita bisa melihat atau membedakan apakah rom kita abal-abal atau global,atau bahkan mungkin masih rom china.

Lihat gambar di bawah yang saya beri tenda warna, itu adalah contoh rom global bukan abal-abal.

Di situ tertulis versi MIUI adalah MIUI global 9.6|stabil 9.6.2.0 (OCBMIFD).

Cara membacanya adalah:
  • Kita lihat kode yang terkurung (OCBMIFD).
  • O = Adalah sistem android yang di gunakan, gambar tersebut menggunakan sistem operasi Android oreo.
  • CB = kode tipe hpnya. CB adalah xiaomi tipe redmi 6a, untuk redmi 6 kodenya adalah: CA.
  • MI = Kode rom yang di gunakan, MI adalah kode rom global, jika rom china menggunakan kode CN.
  • FD = Versi MIUI yang di gunakan, kode FD adalah: 9.6.x.x

Terus yang abal-abal yang mana, Kog cuma ada rom global dan china bang?
  1. Perhatikan kode veri MIUI di atas, 9.6.x.x terdapat tiga titik dalam versi MIUI tersebut, itu bertanda bahwa rom juragan asli bukan abal-abal.
  2. Sekarang lihat kode berikut 9.6.x.x.x untuk versi MIUI yang memiliki empat titik seperti yang saya tulis, itu pertanda bahwa rom xiaomi juragan adalah rom abal-abal.

Nah pokoknya sebisa mungkin cari hp xiaomi yang menggunakan kode versi MIUI nya MI. karena MI adalah kode rom global dan perhatikan juga jumlah titik di versi MIUI jika tiga titik itu resmi jika empat titik kemungkinan adalah rom abal-abal.

Mana bisa bang, untuk melihat kode tersebut kita harus membuka segel dus book sedangkan untuk buka dus kita harus bayar.

Memang susah sih, tapi bukan berarti kita tidak bisa. Jika kita tidak dapat memilih kode versi MIUI nya ya berarti kita harus memilih distributor yang benar-benar dapat di percaya. Yang saya tau ya distributor "TAM".

OK, saya rasa itu semua sudah cukup jelas untuk membedakan mana rom global dan mana rom abal-abal di hp xiaomi. Setidaknya kita tau yang bagaimana rom global dan yang bagaimana rom abal-abal, untuk antisipasi ketika ingim membeli hp xiaomi.

Bantu share artikel ini yaa, agar pengguna xiaomi yang lain basa ikut mengetahui perbedaan rom global dan rom abal-abal. Terimakasih.

1 Response to "Cara Membaca Kode MIUI Untuk Mengetahui Rom Global Atau Abal-abal Di Hp Xiaomi"

  1. jadi kalo aku mau update manual tapi bukan rasmi gak bisa ya? soalnya emang MI tapi bukan 3 titik... malahan 4 titik tapi 12.5.2.0.
    emang 0 di belakang titiknya dikira?

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel