Tidak Bisa Melakukan Panggilan Telepon Dan Cek Pulsa Di-hp Sony Xperia, Padahal Sinyal Penuh.

Tidak bisa melakukan panggilan dan cek pulsa, di-hp sony xperia. Sinyal penuh, pulsa juga baru di isi, dan kartu juga sudah di daftarkan sesuai data diri KTP dan KK. Tapi kok setiap dipakai untuk cek pulsa dan telepon selalu muncul notifikasi gagal mengubah setelan. Kira-kira apasih penyebabnya? Dari kartunya atau dari hp-nya?.


Tidak sedikit saya menemukan keluhan-keluhan seperti di atas dari pengguna hp sony xperia. Sebenarnya masalah seperti itu tidak hanya terjadi pada hp sony xperia saja. Tapi karena saya sering nongkrong di forum-forum sony xperia, ya tentu saja keluhan seperti itu banyak muncul dari pengguna hp sony xperia. Sebenarnya mudah kok cara mengatasinya. Pemirsa tinggal ubah saja mode jaringan dari LTE ONLY ke-mode LTE/WCDMA/GSM AUTO (PR), atau jaringan otomatis.

Pada dasarnya jaringan 4G LTE di Indonesia memang tidak bisa digunakan untuk melakukan panggilan, hal itu terjadi karena pihak operator seluler di Indonesia belum membuka jaringan VOLTE (Voice Over Lte). Jadi pemirsa tidak dapat melakukan panggilan ketika jaringan terkunci ke 4G LTE. Sejauh ini hanya operator seluler smartfreen saja yang sudah memberikan layanan jaringan VOLTE (Voice Over Lte). Mungkin sampai disini pemirsa sudah paham kan?

- Lantas bagaimana agar bisa melakukan panggilan dan cek pulsa di hp-sony xperia?

Jawabannya, ya,,, ada dua pilihan. Pilihan pertama silahkan pemirsa menggunakan kartu smartfreen. Karena operator seluler smartfreen sudah memberikan layanan jaringan VOLTE (Voice Over Lte).

Pilihan kedua. Jika pemirsa tidak ingin menggunakan kartu smartfreen. Silahkan ubah jaringan di-hp sony xperia pemirsa ke otomatis atau 3G/2G saat ingin melakukan panggilan atau cek pulsa.

Cara Ubah Jaringan Dari Lte Only Ke-mode Otomatis Atau 3G/2G.

1. Silahkan pemirsa buka menu telepon.

2. Lanjut dengan mengetikkan kode *#*#7378423#*#*

3. Pemirsa akan di bawa ke menu service, silahkan pemirsa pilih service settings.


4. Pilih Network mode.


5. Lanjut dengan memilih ke-mode jaringan LTE/GSM/WCDMA.


6. Selesai. Silahkan pemirsa keluar dari mode service dengan cara menekan tombol kembali pada hp sony xperia pemirsa.

Begitulah pemirsa cara mengatasi hp sony xperia yang tidakbisa digunakan untuk melakukan panggilan dan cek pulsa. Silahkan pemirsa coba, dan pastikan pemirsa mengikuti langkah-langkah untuk mengganti mode jaringan diatas dengan benar.

Hanya itu saja yang dapat saya bahas diartikel ini. Mungkin jika ada pertanyaan lain, pemirsa bisa keluhkan di kolom komentar. Tidak semua pertanyaan bisa saya jawab, karena keterbatasan saya akan ilmu teknologi, terutama ponsel Android ini. Sekian dulu, semoga bermanfaat, dan trimakasih atas kunjungannya.

17 Responses to "Tidak Bisa Melakukan Panggilan Telepon Dan Cek Pulsa Di-hp Sony Xperia, Padahal Sinyal Penuh."

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ponsel saya sony XZ2,tidak bisa panggilan keluar kartu yg bisa cuma smartfren.. Adakah solusi . Tks gan

      Delete
  2. Terimaksih ilmu nya...semoga bermanfaat...hp sony saya langsung bisa di gunakan

    ReplyDelete
  3. Setelah saya tekan kode itu yg muncul cuman servis info am servis test gak ad servis setting? Apakan agan tau?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperti kasus versi AU. Coba Download Aplikasi 4G switch di playstore bro.

      Delete
    2. Tutorial diatas sudah selesai kak, jika sudah di pindah ke jaringan otomatis maka kakak sudah bisa melakukan panggilan keluar kak.

      Delete
  4. Saya udah terapkan seperti saran nya mimin dan berhasil tapi gak lama langsung balik lagi gmana min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Balik lagi gimana kak? Jika di set auto, meskipun sinyal yang muncul 4G tetap bisa buat tlp, karna nanti saat dipakai untuk tlp jaringan akan berubah sendiri ke 3G kak.

      Delete
  5. muncul restrict calls
    enter passcode gmna itu gan, hp shatp docomo

    ReplyDelete
  6. Hp q sony z3 ga bisa nelpon dan ngecek pulsa atau apapun yg melalui telpon kluar sinyal akan hilang tiba" setelah putus sinyalnya akan kembali lagi.. Setelah ikut saran diatas sinyalnya ga hilang tapi masih ha bisa nyambung ngecek pulsa pun loding aja ga bisa masuk begitu pun klo nelpon kayak ga konek gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ganti dulu dengan kartu lain yang sudah di registrasi kak

      Delete
  7. Tolong dong hp sony softbank saya untuk cek pulsa harus menyalakan data selular dulu kalau gak dinyalakan aplikasi gagal dan gak bisa cek pulsa mohon bantuanya suhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya belum menemukan hal seperti ini kak. Dulu hp saya jika di matikan data nya sinyal ikut ilang, saya coba flash ulang dan semua jadi normal.

      Delete
  8. Mohon bantuannya,hp sy Sony Xperia 8, jaringan internet nya da masuk..cuman Tidak bisa lakukan panggilan masuk dan keluar,cek pulsa dan SMS juga tidak bisa

    ReplyDelete
  9. Udh ikuti saran tpi kgk muncul tuh cuman kembali ke ketikkan telpon

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel