Cara Memperbaiki Tombol Reply Atau Tombol Balas Komentar Blogger Tidak Berfungsi.

Hai pemirsa, sudah lama nih saya tidak menulis tutorial tentang blog, belakangan ini memang saya lebih sering menulis artikel tentang tutorial hp Android. Hal itu terjadi karena saya menulis artikel itu berdasarkan saran dari teman-teman, jika teman-teman banyak yang  menanyakan kepada saya tentang hp Android ya saya akan menulis tentang hp Android, hehehe.

Nah sekarang ini saya akan membahas tentang blog nih pemirsa, dua hari yang lalu saya dapat pesan dari teman saya bah blognya sedang mengalami masalah, yaitu: tombol balas komentar yang tidak berfungsi, jadi ketika kita akan membalas komentar dari pengunjung blog, pemirsa tidak bisa membalas komentar tersebut namun hanya bisa menambahkan komentar baru di bawanya.

Tidak Berfungsinya tombol balas komentar blog tersebut itu karena template yang di gunakan telah di optimasi dengan cara menghapus css, javascript dan widget bundle.

Lantas bagaimana caranya agar tombol balas komentar di blog tersebut bisa berfungsi dengan normal?

Solusinya ya balikkin seperti semula.

Mengatasi tombol komentar blog tidak berfungsi.

Backup dulu template blog milik pemirsa sebelum memulai langkah-langkah yang saya berikan.

Langkah backup template: masuk blog > pilih menu tema > pilih backup/pulihkan > Pilih Download.

Masuk blog > pilih menu tema > klik edit html, cari kode pembuka head ini:
<head>

Gandi dengan kode pembuka head berikut:
<head>

Lanjut dengan mencari kode menyembunyikan css reset ini:
&lt;style type=&quot;text/css&quot;&gt;
&lt;!-- /*<b:skin><![CDATA[*/]]></b:skin>
<style type='text/css'>

Ganti dengan kode ini:
<b:skin><![CDATA[

Cari kode ini:
</style>

Ganti dengan ini:
]]></b:skin>

Untuk kode penutup head cari ini:
&lt;/head&gt;&lt;!--<head/>--&gt;

Ganti dengan kode penutup head ini:
</head>

Kode penutup body cari ini:
&lt;!--</body>--&gt;&lt;/body&gt;

Ganti dengan kode ini:
</body>

Cari kode pembuka html di bawah ini:
<HTML expr:dir='data:blog.languageDirection'>

Ganti dengan aslinya seperti di bawah ini:
<html>

Yang terakhir adalah kode penutup html, cari kide ini:
</HTML>

Ganti dengan kode ini:
</html>

Lanjut dengan mencari kode ini:
<b:includable id='comment_picker' var='post'>

Ganti dengan kode di bawah, namun jika sudah ada tidak perlu di tambahkan lagi.
<b:includable id='comment_picker' var='post'>
  <b:if cond='data:post.commentSource == 1'>
    <b:include data='post' name='iframe_comments'/>
  <b:elseif cond='data:post.showThreadedComments'/>
    <b:include data='post' name='threaded_comments'/>
  <b:else/>
    <b:include data='post' name='comments'/>
  </b:if>
</b:includable>

Tambahkan kode css berikut ini sebelum kode </head> kode ini juga tidak terlalu perlu, baiknya tinggal dulu kode yang terakhir ini, jika tombol balas komentar di blog sudah normal maka tidak perlu lagi menambahkan kode ini.
<style type='text/css'> /* Fix Comments */ #comments h4,#comments h3{display:block;background:#fff;padding:10px 15px;border-radius:2px}#comment-holder{overflow:hidden}#comment-holder ol{margin:0;padding:0}#comment-holder li{background:#fff;margin-left:0;padding:15px;border-radius:5px}#comment-holder .comment-replies{background:#f7f7f7;margin:0}#comment-holder .datetime{float:right;font-size:11px;font-weight:normal}#comment-holder .datetime a{color:#999}#comment-holder .datetime a:hover{color:#000}#comment-holder .user{font-weight:500}#comment-holder .comment-reply{background:#e74c3c;text-align:center;color:#fff;font-weight:normal;padding:6px 10px;margin:0 auto 10px auto;border-radius:2px}#comment-holder .comment-actions a{display:inline-block;background:#e74c3c;text-align:center;color:#fff;font-weight:normal;padding:0 10px;margin:0 5px 10px auto;border-radius:2px}#comment-holder .comment-actions a:hover,#comment-holder .comment-reply:hover,#comment-holder .comment-actions a:focus,#comment-holder .comment-reply:focus{text-decoration:none;background:#c0392b;color:#fff}#comment-holder .comment-content{margin:0 0 5px 0;color:#222;word-wrap:break-word;padding:10px 0}#comment-holder .thread-count{display:table;margin:5px auto 0 auto;text-align:center}#comment-holder .thread-count a{background:#fff;font-size:12px;padding:3px 10px;color:#999;text-align:center}#comment-holder li:before,#comment-holder .thread-arrow,.comment-form p{display:none} </style>

Selesai.

Abaikan jika kode yang di cari tidak di temukan, sebenarnya tutorial ini adalah kembalikannya dari tutorial "cara menghapus css, javascript dan widget bundle".

Tidak semua template merubah semua script di atas ketika optimasi, jadi pemirsa sesuaikan sendiri ya, karena ada beberapa template yang hanya merubah beberapa script saja.

Jika semua sudah di ubah menjadi normal mulai dari css, javascript dan widget bundle, maka tombol balas komentar yang pemirsa keluhan tidak berfungsi akan berfungsi normal lagi.

Mungkin hanya itu yang dapat saya berikan untuk pemirsa di artikel ini, tinggalkan pertanyaamu di kolom komentar jika memang ada yang perlu untuk di tanyakan, akan saya usahakan untuk meluangkan sedikit waktu saya untuk menjawab atau membantu pemirsa yang masih kesulitan dalam menerapkan tutorial di atas.

17 Responses to "Cara Memperbaiki Tombol Reply Atau Tombol Balas Komentar Blogger Tidak Berfungsi."

  1. Kenapa saya masih tetap tidak bisa mereply komentar di blog?
    padahal semua cara sudah diterapkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kasus tidak bisa Reply komentar blog yang seperti apa dulu gan, tombol Reply tidak bisa di klik atau memang tidak tersedia tombol Replynya?

      Delete
    2. Kalo tombol reply gak work di teken gimana tuh solusinya gan?

      Delete
  2. bingung antara ingin optimasi atau reply komentar bisa lagi wkk

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel