Menekan Biaya Produksi Pembuatan Telur Asin

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh, disini saya ingin mengulas sedikit pengalaman saya dalam produksi telur asin, biaya untuk membuat telur asin memang tidak bisa di katakan sedikit, karena banyaknya bahan dalam pembuatan nya, pada umum nya pembuatan telur asin itu memerlukan bahan di mulai dari telur, abu gosok atau batu bata yang sudah di gerus, dan garam.

Dengan harga jual telur asin yang boleh di katakan murah tentu kita hanya mendapat sedikit keuntungan, untuk itulah saya menulis artikel ini agar kita dapat menekan biaya produksi se minimal mungkin, dengan biaya produksi yang minim dan mendapatkan hasil yang sama tentu ini akan memberikan banyak ke untungan untuk kita.

Lantas bagaimana caranya agar biaya produksi telur asin dapat di kurangi? Yuk simak tutorial pembuatan telur asin yang mampu menghemat biaya peroduksi.


  • Untuk bahan nya biasanya kita menggunakan telor, abu gosok atau gerusan batu bata dan garam.
  • Sekarang kita ubah bahan tersebut menjadi telur, air, garam.

Lalu bagaimana cara membuatnya? Mudah saja, ikuti saja tutorial di bawah ini dengan teliti pasti anda bisa, karena saya akan memberikan tutorial dengan metode ringan dalam arti mudah untuk di pahami.

Baca juga:

  1. Kita gunakan yang menggunakan bahan baru kita atau bahan yang sudah dapan mengurangi biaya produksi yaitu: telur, air, dan garam, jadi kita tidak menggunakan abu gosok ataupun gerusan batu bata, ini semua agar biaya produksi kita berkurang.
  2. Siapkan 2lt air dan 500gr garam, 20 butir telur. 
  3. Cuci telur hingga bersih menggunakan kain atau spon cuci, tentunya dengan di celupkan ke dalam air, disamping untuk membersihkan telur dari kotoran metode ini juga berfungsi untuk membuka pori-pori pada kulit telur.
  4. Campur dan aduk 2lt air dan 500gr garam yang tadi sudah di siapkan, aduk hingga garam benar-benar larut.
  5. Masuk kan 20 telur yang sudah di cuci tadi, jangan kaget jika telur akan mengambang pada air yang sudah di beri garam.
  6. Siapkan plastik dan isi dengan air tawar lalu ikat dan tindihkan di atas telur yang mengambang tadi, hal ini di lakukan agar telur yang mengambang bisa tertekan ke bawah dengan adanya plastik yang sudah di isi air tawar tadi.
  7. Setelah semuanya selesai tunggu selama 2minggu, sebenarnya 10 hari sudah cukup namun agar kuning telur lebih masir maka kita dapat menambah hari dalam penimbunan nya.
  8. Setelah mencapai waktu yang di tentukan, kukus telur kurang lebih 20-30 menit, perlu di ingat, di kukus ya bukan di rebus karena telur akan retak jika di rebus.
Silahkan di praktekkan cara ini lebih hemat daripada membuat dengan cara kuno, karena kita tidak perlu menggunakan abu gosok atau gerusan batu bata, kita cukup menggantinya dengan air saja.

Nah!!! Sahabat menarik bukan dengan cara ini tentu anda akan memperoleh keuntungan yang lebih dari biasanya, karena biaya yang seharusnya di gunakan untuk membeli abu gosok atau gerusan batu bata tidak kita butuhkan lagi.

Selamat mencoba semoga usaha anda semakin sukses dengan menggunakan metode ini, untuk yang sekedar ingin mencoba tidak perlu ragu langsung coba saja.

1 Response to "Menekan Biaya Produksi Pembuatan Telur Asin"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel